web log free 5 cara mengatasi masalah Microsoft Store tidak dapat dibuka di Windows 10

5 cara mengatasi masalah Microsoft Store tidak dapat dibuka di Windows 10

5 cara mengatasi masalah Microsoft Store tidak dapat dibuka di Windows 10

blab-dev5 cara mengatasi masalah Microsoft Store tidak dapat dibuka di Windows 10 – Halo sob, balik lagi bareng mimin yang bakalan memberi informasi tentang atasi masalah pada microsoft store windows 10.

Sebagai pengguna Windows 10, kita tentu sangat familiar dengan Microsoft Store. Ada banyak aplikasi gratis yang sangat berguna untuk menunjang produktivitas kita. Aplikasi di Microsoft Store juga ringan dan bisa dipasang di laptop dengan spesifikasi paling rendah.

Namun ada masalah menjengkelkan yang sering ditemui yaitu Microsoft Store tidak bisa dibuka, dan beberapa orang menghadapi situasi Microsoft Store tiba-tiba keluar setelah dibuka. Hal ini membuat kita sulit untuk mengakses dan menginstal aplikasi yang dibutuhkan.

Untuk mengatasi masalah tersebut kita bisa mencoba beberapa solusi, kali ini mimin akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi.

Cara Atasi Microsoft Store Tidak dibuka

Komputer sudah terhubung ke Internet dan masuk Log in akun Microsoft

Jika komputer Anda tidak terhubung ke Internet, Anda tidak dapat membuka Microsoft Store. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu bahwa tidak ada masalah dengan koneksi internet di komputer kita dan pastikan bahwa kita masuk dengan akun Microsoft. Setelah komputer terhubung ke Internet dan memiliki akun, coba buka kembali Microsoft Store dan masuk dengan akun yang dibuat.

Baca ini : 10 aplikasi penggabungan foto terbaik untuk Android

Jika masalahnya ada pada koneksi atau akun, Microsoft Store seharusnya dapat dibuka di sini. Namun, jika masalahnya ada pada launcher (tidak terbuka atau muncul pesan kesalahan saat Anda mengkliknya), maka Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

Matikan VPN

Jika komputer Anda menggunakan VPN saat menjalankan Microsoft Store, Anda dapat mencoba mematikannya terlebih dahulu. Gunakan IP default dari ISP.

Reset Cache

Cache yang rusak juga dapat menjadi alasan mengapa Microsoft Store tidak dapat berjalan. Pesan kesalahan “Windows Store cache may be damaged” biasanya muncul. Untuk mengatasi masalah ini, kita dapat mencoba mengatur ulang file cache yang tersimpan di sistem dengan caranya :

Tekan tombol windows dan R secara bersamaan untuk membuka jendela run, lalu ketikakan wsreset.exe dan klik OK.

Tunggu sampai selesai. Biasanya proses reset memakan waktu cukup lama. Setelah proses selesai, jendela hitam alat wsreset akan tertutup dan Microsoft Store akan terbuka secara otomatis. Cache yang rusak di Microsoft Store ini biasanya memiliki beberapa kode kesalahan, seperti 0x80072ee7, 0x000001f7, 0xc03f40c8, 0x803f8001, 0x87e10bd0, 0x80073cf9, 0x80131505. Dengan mengatur ulang cache, masalahnya harus diselesaikan.

Hapus Cache Dari System Registry

Solusi selanjutnya agar Microsoft Store tidak bisa dibuka adalah dengan menghapus cache di system registry. Cache ini dihapus untuk menghapus cache yang rusak sehingga Microsoft Store dapat membangun kembali cache baru dengan cara:

Tekan tombol windows dan R secara bersamaan untuk membuka jendela run, lalu ketikakan CMD dan klik OK.

Lalu masukkan perintah di bawah ini.

wmic useraccount get name,sid

Tungu beberapa saat maka akan muncul daftar used dan SID yang ada pada komputer.

Kemudian buka editor registri di Windows. Anda dapat melakukan ini dengan mengetik regedit di Windows search bar. Setelah jendela Registry Editor terbuka, buka direktori:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Appx\AppxAllUserStore

Di sana, Anda akan melihat folder dengan nama yang sama dengan nama pengguna SID yang kita lihat di command prompt sebelumnya. Hapus folder ini dengan cara klik kanan > delete.

Tutup semua aplikasi yang sedang berjalan dan restart komputer.

Baca juga :10 Rekomendasi HP Gaming Terbaik Harga 2 Jutaan

Membersihkan sistem registry juga dapat mempercepat loading Windows 10 yang lambat, sehingga sangat disarankan untuk dilakukan saat komputer mulai terasa berat.

Dengan Menjalankan Windows Troubleshooter

Untuk mengetahui apa yang menyebabkan Microsoft Store gagal terbuka atau selalu keluar dengan sendirinya, kita bisa menjalankan Windows troubleshooter dengan cara:

Buka Troubleshooter dengan cara mengetikkan Troubleshooter pada window search bar.

Untuk mengetahui apa yang menyebabkan Microsoft Store gagal terbuka atau selalu keluar dengan sendirinya, kita bisa menjalankan Windows troubleshooter.

Tunggu hingga proses selesai. Anda akan melihat di mana sumber masalahnya nanti. Dari situ kita bisa menentukan langkah apa yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya.

Install ulang Microsoft Store

Jika cara sebelumnya toda berhasil maka cara terakhir adalah dengan mereset Microsoft Store, dengan cara :

Buka menu aplikasi dan fitur dengan mengetikkan aplikasi di bilah pencarian Windows, lalu klik opsi aplikasi dan fitur.

Scroll ke bawah untuk menemukan aplikasi bernama Microsoft Store, klik dan pilih opsi lanjutan.

Cari menu reset, kemudian klik.

Tunggu hingga proses selesai. Restart komputer setelahnya. Coba jalankan Microsoft Store lagi dan masuk lagi dengan akun Microsoft lama Anda. Sejauh ini, saya berharap masalahnya telah teratasi.

Itulah cara untuk mengati microsoft Store yang tidak dapat di buka, semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel yang lain.

You May Also Like

About the Author: blab-dev

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *