web log free Cara Masuk Mode Clean Boot

Cara Masuk Mode Clean Boot

Cara Masuk Mode Clean Boot

Blab-devCara Masuk MOde Clean Boot – Bagaimana cara masuk ke mode clean boot? Tidak bisa dipungkiri bahwa sistem operasi level Windows sering mengalami masalah. Entah kesalahan manusia atau masalah sistem Windows. Misalnya, ada konflik antara perangkat lunak antivirus dan utilitas, sehingga keduanya berjalan di latar belakang.

Hal seperti ini tentunya harus segera diselesaikan, karena akan menurunkan performa peralatan. Mengingat masalah ini, dibutuhkan terlalu banyak ruang penyimpanan. Jika ini masalahnya, Kalian harus masuk ke mode clean boot . Apa itu clean boot dan bagaimana cara masuk ke mode ini? Kalian bisa mengikuti artikel ini.

Apa Itu Mode Clean Boot ?

Ada banyak orang yang menyamakan clean boot dengan safe mode. Namun, kedua istilah ini sangat berbeda. Secara umum, boot bersih adalah metode yang memungkinkan Windows untuk memulai tanpa perangkat lunak pihak ketiga. Dengan kata lain, mode ini hanya menjalankan komponen yang diperlukan pada perangkat.

Baca ini : 5 cara mengatasi masalah Microsoft Store tidak dapat dibuka di Windows 10

Setelah memasuki mode ini, fungsi yang dirancang dalam perangkat lunak pihak ketiga tidak akan tersedia. Setelah masuk ke mode Clean Boot, pengguna akan diubah menjadi administrator sistem. Ketika mereka menjadi orang itu, pengguna dapat mengidentifikasi masalah dan menyelesaikan masalah yang terjadi pada perangkat.

Setelah sistem menemukan solusi untuk mengatasi masalah pada perangkat, perangkat akhirnya secara otomatis memulai Windows secara normal kembali. Ini berarti Anda tidak akan melihat tampilan Windows saat Anda memulainya seperti biasa.

Mengapa? Karena startup tidak akan menampilkan aplikasi yang berjalan di latar belakang Windows. Anda juga dapat menggunakan mode clean boot ketika Anda mengalami kesulitan menginstal pembaruan pada perangkat Anda. Banyak pengguna telah mencoba langkah ini. Untuk orang-orang dengan masalah serupa, saya sarankan Anda mencobanya juga. Jadi apa tujuan pengguna memasuki mode celan boot? Ini penjelasannya.

Cara Atasi Masalah Pada Komputer

Sebelum melakukan mode clean boot, sebaiknya anda harus tahu alasan anda melakukannya. mungkin salah satunya itu terkendala pada beberapa software yang bermasalah. Dan cara menangani permasalahan di setiap software itu berbeda-beda. Dan berikut beberapa cara menangani masalah tersebut.

Komputer Restart Terus Dengan Sendirinya

Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu memastikan bahwa Windows sudah diperbarui. Anda harus memperbarui perangkat lunak antivirus dan memindai komputer. Error dan virus di Windows terkadang menyebabkan komputer terus restart.

Tidak hanya itu, komputer yang terus restart juga disebabkan oleh overheating. Disarankan untuk membersihkan komputer, terutama di area yang berventilasi. Jangan mengisi ventilasi komputer dengan debu. Driver yang bermasalah juga dapat menyebabkan komputer terus restart.

Software Corrupt

Ketika terjadi kesalahan atau kerusakan pada sistem operasi komputer, file sistem mungkin rusak atau terhapus. Untuk ini, Anda harus menyelesaikannya sekarang agar Windows 10 dapat berjalan seperti biasa. Siapkan DVD instalasi dan jalankan perbaikan otomatis. Anda dapat membuka menu command prompt dan menjalankan fungsi scannow.

Performa Komputer Lambat

Ini adalah masalah perangkat lunak yang paling umum. Saat membuka beberapa perangkat lunak, kecepatan memuat komputer tiba-tiba melambat. Jika Anda mengalami masalah ini, yang terbaik adalah menyelidiki apakah ruang hard disk komputer Anda terlalu penuh.

Disarankan untuk membersihkan semua jenis file yang tidak perlu di hard disk. Tujuannya agar komputer dapat bekerja dengan normal dan optimal. Selain menggunakan clean boot, kamu juga bisa menggunakan fitur Disk Cleanup di Windows 10 untuk menghapus file-file tersebut.

Download Lambat

Saat membuka situs web dan prosesnya lambat, Anda dapat memeriksa terlebih dahulu program yang berjalan di latar belakang Windows. Pembaruan Windows, sinkronisasi email, dan pembaruan anti-virus terkadang memperlambat proses pengunduhan pada sistem.

Setelah proses di atas selesai, kecepatan internet bisa menjadi lebih cepat lagi. Terkadang unduhan yang lambat disebabkan oleh ISP. Oleh karena itu, silahkan sesuaikan dengan masalah yang Anda hadapi.

Muncul Pop Up Di Desktop

Ini mungkin karena adware yang diinstal dengan perangkat lunak komputer. Terkadang beberapa software akan memberikan solusi, seperti PC Speed ​​Pro, PC Speed ​​Up, dll. Beberapa perangkat lunak sangat berguna. Namun, tidak jarang banyak situasi berbahaya bagi pengguna dan bahkan menyebabkan masalah serius seperti adware. Untuk melakukan ini, Anda harus memindai komputer Anda dengan perangkat lunak antivirus secara teratur.

Cara Masuk Mode Clean Boot

Setelah mengetahui masalah yang terjadi pada komputer kita, anda dapat menjalankan mode clean boot untuk menyelesaikan masalah pada komputer kalian. Untuk menjalankan mode Clean boot, Anda harus terlebih dahulu masuk ke mode tersebut. Untuk memasuki mode ini, pengguna harus bertindak sebagai administrator sistem. Bagaimana caranya masuk ke mode ini? Anda dapat mengikuti cara berikut ini:

  • Pertama, tekan Windows + Run untuk masuk ke fungsi run.
  • Setelah masuk ke Windows Run, lalau ketik msconfig.
  • Tekan OK atau masuk.
  • Saat jendela konfigurasi sistem sedang berjalan, pilih menu Umum.
  • Masuk ke menu boot selektif.
  • Hapus centang pada bagian untuk memuat item startup, hanya menyisakan satu opsi untuk memuat layanan sistem.
  • Kemudian pergi ke menu “Startup”.
  • Centang bagian Sembunyikan semua layanan Microsoft. Setelah itu, pilih Nonaktifkan semua.
  • Lalu masuk ke menu menu boot Pilih untuk membuka Pengelola Tugas.
  • Setelah itu, Anda akan masuk ke halaman task manager.
  • Pilih menu boot. Tentukan layanan tertentu yang akan dimatikan saat startup.
  • Klik kanan pada opsi yang diinginkan.
  • Pilih Nonaktifkan.
  • Untuk menentukan layanan mana yang tidak dibutuhkan, perhatikan saja nama layanannya.
  • Pilih layanan yang terkait dengan perangkat lunak pihak ketiga yang tidak diproduksi oleh Microsoft.
  • Pilih Oke.
  • Tutup semua jendela yang terbuka di desktop.
  • Anda akan melihat beberapa langkah di jendela pop-up.
  • Pilih Mulai ulang untuk masuk ke mode boot bersih.

Baca juga : 5 cara aktivasi Microsoft Office 2010 Permanen

Setelah itu, yang harus Anda lakukan adalah memecahkan masalah untuk menyelesaikan masalah dengan benar. Clean Boot sangat membantu untuk masalah yang sering terjadi di Windows. Daripada menyelesaikan secara teknis, Anda bisa mencoba cara di atas terlebih dahulu.

Cara untuk masuk mode clean boot sangat sederhana, siapa pun bisa melakukannya. Dengan masuk ke mode ini, semua masalah pada sistem komputer dapat teratasi dengan baik. semoga bermafaat dan jangan lupa baca artikel mimin yang lain.

You May Also Like

About the Author: blab-dev

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *