web log free Cara menyambungkan HP ke TV

Cara menyambungkan HP ke TV

Cara menyambungkan HP ke

Blab-devCara menyambungkan HP ke TV – Halo sob, balik lagi bareng mimin yang kali ini akan membahas bagaimana cara menyabungkan smartphonke android ke TV agar bisa mendapatkan view yang lebih luas.

Seperti yang kita ketahui, teknologi terus berkembang dengan sangat pesat. Bahkan dengan teknologi saat ini. Tidak hanya itu, ada banyak cara untuk menghubungkan ponsel ke TV. Baik itu melalui kabel atau jaringan nirkabel, yaitu tanpa kabel. Anda dapat melakukan banyak hal dengan menghubungkan ponsel ke TV ini. Dari berbicara, belajar hingga menonton film.

Cara mudah menghubungkan HP ke TV

Bagi yang ingin menghubungkan HP Android ke TV tapi tidak tahu cara menghubungkannya, jangan bingung. Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan beberapa cara mudah menghubungkan handphone ke TV. Untuk itu, simak informasi berikut ini :

Gunakan metode pencerminan layar di Aplikasi Google Home

Google Home adalah produk yang diaktifkan suara dengan fungsi Asisten Google. Oleh karena itu, perangkat lunak ini memungkinkan Anda untuk mengelola berbagai perangkat elektronik dengan ponsel cerdas Anda melalui koneksi Wifi. Nah, berikut adalah cara menggunakannya untuk menghubungkan ponsel ke TV:

  • Langkah pertama pastikan ponsel Android dan TV pintar Anda terhubung ke Wifi yang sama.
  • Setelah itu, buka aplikasi Google Home di ponsel Anda. Jika belum punya, Anda bisa mendownloadnya terlebih dahulu.
  • Untuk terus menggunakan aplikasi Google Home, pilih akun Google yang terletak di pojok kanan bawah aplikasi.
  • Kemudian klik opsi Mirror device, yang memungkinkan layar TV menampilkan gambar yang sama di layar HP.
  • Kemudian tunggu nama perangkat TV muncul di ponsel Android Anda.
  • Jika sudah muncul, pilih opsi “cast screen” atau “audio” agar bisa otomatis terhubung langsung ke TV.

Baca ini : Video Bokeh

Cara menghubungkan ponsel ke TV melalui Screen Mirroring di aplikasi Google Home sebenarnya sangat sederhana. Namun tentunya cara ini hanya bisa dilakukan dengan menggunakan jaringan Wifi. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki jaringan Wifi yang kuat untuk menghubungkan kedua perangkat.

Gunakan konverter USB Type-C ke port HDMI

Jika Anda melihat, mungkin cara menghubungkan ponsel ke TV adalah cara yang paling mudah. Ini hampir sama dengan menghubungkan ponsel ke PC atau laptop, Anda hanya membutuhkan kabel konversi untuk menghubungkan ponsel ke TV. Untuk menghindari kesalahan, ikuti petunjuk di bawah ini:

  • Pertama, siapkan konverter port USB Type-C ke HDMI.
  • Kemudian colokkan USB Type-C ke telepon, lalu colokkan bagian HDMI ke port HDMI di TV.
  • Tunggu sebentar, tampilan di layar Android akan otomatis muncul di layar TV.

Metode ini sangat sederhana. Namun, kelemahannya adalah jaraknya dibatasi oleh panjang kabel konverter yang digunakan. Selain itu, tidak semua ponsel Android mendukung metode menghubungkan ponsel ke TV dengan menggunakan konverter ini.

Gunakan konverter Micro USB ke port HDMI

Bisa dikatakan cara ini sama dengan cara sebelumnya, yaitu menggunakan kabel adaptor untuk mengkonversi ke interface HDMI. Untuk langkah-langkahnya, kelebihan dan kekurangannya sama. Jadi cara diatas bisa anda lihat, namun hanya mengganti USB Type-C dengan Micro USB.

Gunakan Chromecast

Chromecast adalah perangkat yang fungsi utamanya untuk menghubungkan smartphone Android ke TV. Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui alat buatan Google ini, namun menurut orang yang telah mencobanya, alat ini sangat efektif. Nah, ini dia cara menggunakannya:

  • Langkah pertama siapkan perangkat Chromecast Anda dan unduh aplikasi Google Home di smartphone Android Anda.
  • Kemudian sambungkan Chromecast terlebih dahulu ke port HDMI di TV.
  • Setelah itu, aktifkan koneksi Wifi untuk menjalankan proses sinkronisasi yang diperlukan.
  • Jangan lupa untuk memastikan bahwa ponsel dan TV (Chromecast) Anda terhubung ke jaringan Wifi yang sama. Kemudian buka aplikasi Google Home yang Anda download tadi.
  • Di aplikasi Google Home, pilih akun Google di bagian bawah aplikasi. Pastikan akun yang dipilih telah diverifikasi dan dapat terhubung dengan perangkat Chromecast.
  • Kemudian pilih opsi perangkat lokal dan temukan perangkat TV yang ingin Anda sambungkan ke HP.
  • Kemudian di bagian bawah, pilih pengaturan perangkat untuk melihat daftar TV yang terhubung ke akun Google Anda.
  • Jika Anda memilih, maka ponsel Anda dapat secara otomatis terhubung langsung ke TV.

Baca juga : 10 aplikasi Android terbaik untuk mengunci aplikasi (paling aman)

Penggunaan Chromecast ini sangat menarik. Anda dapat menggunakan TV pintar seperti halnya ponsel pintar. Namun, harga Chromecast ini relatif mahal. Jika ponsel Anda terhubung ke TV ini untuk menonton film, sayang sekali Anda harus membeli Chromecast.

Streaming dengan aplikasi DLNA

Jika TV yang Anda gunakan sudah merupakan TV pintar, maka Anda dapat menggunakan aplikasi DLNA untuk menghubungkan perangkat Android Anda ke TV. DLNA sendiri bukan nama aplikasinya. Ini adalah protokol yang digunakan untuk streaming.

Jadi cara menggunakan aplikasi ini adalah membiarkan TV pintar Anda menampilkan layar di ponsel Android Anda secara streaming. Oleh karena itu, pastikan TV terhubung ke Internet melalui Wifi. Nah, beberapa aplikasi DLNA di Google Play Store, seperti Plex, Localcast, VLC, dll.

Jika Anda telah membaca dan memahami beberapa cara menghubungkan ponsel ke TV seperti yang dijelaskan di atas, tentunya jika Anda ingin menampilkan layar ponsel Android di layar TV, Anda tidak akan bingung lagi. Pilih metode yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Gunakan fungsi pencerminan pada perangkat Xiaomi

Sesuai dengan namanya, cara menyambungkan ponsel ke TV berikut ini hanya bisa dilakukan dengan smartphone Xiaomi dan smart TV. Lalu, di smartphone Xiaomi sendiri terdapat fungsi mirroring yang bisa menghubungkan ponsel ke TV. Untuk melakukannya, pertimbangkan langkah-langkah berikut:

  • Langkah pertama hidupkan Mi TV Anda, lalu arahkan ke menu pengaturan.
  • Setelah itu, pilih opsi keamanan dan pilih opsi untuk menampilkan pengaturan MiCast.
  • Pertahankan layar TV dalam keadaan ini sampai Anda menghubungkannya ke telepon Anda.
  • Pada tahap selanjutnya, ambil smartphone Xiaomi Anda dan buka menu “Pengaturan”.
  • Gulir ke bawah dan klik menu lainnya. Pilih layanan nirkabel, lalu klik untuk mengaktifkan layanan.
  • Kemudian tap opsi Mi TV untuk menyambungkan ke TV tadi.
  • Tunggu beberapa saat hingga layar TV Anda menjadi seperti layar smartphone.

Kelebihan dari cara ini adalah dapat diselesaikan tanpa menginstal berbagai aplikasi tambahan. Namun, proses pencerminan ini harus diselesaikan dengan layar ponsel dihidupkan. Tentu saja hal ini akan lebih cepat menguras daya tahan baterai ponsel.

You May Also Like

About the Author: blab-dev

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *