web log free Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Benar

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Benar

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Benar

Blab-devContoh Surat Lamaran Kerja Yang Benar – Bagaimana cara menulis surat lamaran yang baik dan benar? Karena lamaran kerja adalah pintu masuk ke perusahaan yang kamu inginkan. Anda dapat membuat surat lamaran dalam bahasa Indonesia dan surat pengantar dalam bahasa Inggris.

Kesalahan sekecil apapun dalam penulisan surat lamaran dan resume akan mempengaruhi penilaian perekrut. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara menulis surat lamaran yang benar.

Apa Itu Surat Lamaran Kerja ?

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Benar

Saat melamar pekerjaan, surat lamaran merupakan hal yang paling penting dan harus dibuat dengan benar dan akurat. Surat resmi ini dikirimkan oleh seseorang saat melamar pekerjaan dan dikirimkan kepada penanggung jawab perusahaan.

Baca ini : Aplikasi edit video pc

Departemen Sumber Daya Manusia (SDM), atau instansi tempat kerja yang dituju. Profesional komunikasi Lauren Nelson percaya bahwa keberadaan surat lamaran adalah kesan pertama pelamar. Dalam sebuah artikel di Linkedin, ia menguraikan lima poin mengapa surat lamaran yang cocok itu penting.

Surat lamaran atau surat lamaran yang benar dapat meyakinkan perekrut bahwa resume atau isi resume Anda benar. Menyertakan surat lamaran menunjukkan bahwa pelamar dapat mengikuti petunjuk sederhana dalam proses lamaran kerja.

Jika pengalaman atau keterampilan pelamar relevan dengan posisi yang dicari, surat ini seperti pesan kepada perekrut. Menulis surat lamaran yang baik dan benar mencerminkan kemampuan komunikasi pelamar yang baik. Surat pengantar adalah bukti bahwa pelamar menganggap serius pekerjaan itu. Format dan cara membuat surat lamaran yang benar.

Surat lamaran dapat di buat menggunakan Microsoft Word atau tulisan tangan. Terlepas dari formatnya, Anda perlu mengetahui poin-poin penting yang harus disertakan dalam setiap surat lamaran kerja yang benar. Mengutip dari The Balance Careers, berikut poin utamanya:

Pertama, Informasi pribadi atau contact information

Ini jelas harus ada. Jika tidak ada informasi pribadi, bagaimana perekrut mengetahui sumber surat lamaran ini? Pada titik ini, ada beberapa hal yang perlu dimuat.

  • Nama
  • Alamat
  • Nomor telepon atau ponsel
  • Alamat email
  • Alamat tautan (jika ada)

Letakkan informasi pribadi Anda di tengah surat lamaran dan pastikan alamat email yang disertakan tetap profesional. Kemudian, masukkan informasi pengirim surat lamaran. Mulailah dengan nama, posisi, nama perusahaan, dan pergi ke alamat perusahaan. Masukkan informasi ini di bawah informasi pribadi Anda, lokasinya ada di sebelah kiri.

Kedua, Salam pengantar

  • Setelah menuliskan informasi pribadi Anda, tuliskan salam penutup surat di bawah ini. Di sini Anda harus tahu kepada siapa salam ini ditujukan.
  • Biasanya, ketika Anda melamar pekerjaan secara online di situs lowongan kerja, Anda akan menerima kontak atau email, dan Anda akan bertemu dengan mereka nanti.
  • Dari informasi ini, Anda akan tahu kepada siapa memberi salam seperti Yth. Bapak… atau Yth. Ibu…

Ketiga, Isi surat lamaran kerja

  • Pastikan perekrut mengetahui posisi yang Anda lamar dan mengapa Anda adalah pilihan yang tepat. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menulis pengantar ini.
  • Paragraf pertama berisi alasan mengapa Anda menulis surat lamaran dan memberikan informasi spesifik untuk ditinjau oleh perekrut untuk dipertimbangkan.
  • Paragraf kedua berisi kutipan yang Anda berikan kepada perekrut atau perusahaan terkait dengan posisi yang Anda lamar. Jelaskan kemampuan Anda secara singkat dan jelas.
  • Karena isi paragraf ini sangat efektif untuk menarik perhatian perekrut.
  • Di paragraf ketiga, ucapkan terima kasih kepada perekrut atas kesediaan mereka untuk membaca surat lamaran, dan sarankan perekrut untuk menghubungi Anda melalui informasi kontak yang Anda berikan.
  • Cantumkan tanggal penulisan dan isi serta akhir surat dengan bahasa yang baik dan benar.

Keempat, Bagian penutup

  • Setelah mencantumkan isi surat lamaran, jangan lupa untuk menulis kata penutup. Isilah kata penutup berupa salam hormat, diikuti dengan nama lengkap Anda. Gunakan sapaan formal dan hindari sapaan informal.
  • Poin yang seharusnya tidak muncul di surat lamaran
  • Apakah Anda telah mengirim lamaran kerja dan resume ke mana-mana, tetapi belum diundang? Mungkin ada masalah dengan surat lamaran Anda, yaitu Anda tidak menulis surat lamaran yang benar.

Kesalahan Dalam Membuat Lamaran Kerja

Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah pencantuman poin yang seharusnya tidak ada. Ini penjelasannya.

1. Keterampilan daftar yang belum dikuasai Adalah salah untuk tidak menguasai keterampilan daftar. Tujuannya adalah untuk mengesankan perekrut, tetapi itu sebenarnya membuat resume Anda menjadi spiritual di tempat pertama.

2. Buat daftar keterampilan yang sudah ketinggalan zaman Jangan sertakan keterampilan yang sudah ketinggalan zaman. Misalnya, desainer sekarang dapat menggunakan Adobe Premiere, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, tetapi mereka tidak lagi menggunakan Corel Draw.

3. Tidak perlu menyertakan skill yang tidak berhubungan dengan posisi yang dilamar Misalnya, jika Anda melamar posisi desain grafis, Anda tidak perlu menyertakan keterampilan yang solid dalam mengoperasikan Microsoft Excel. Segera sertakan keterampilan dalam Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan perangkat lunak desain lainnya.

4. Keterampilan umum yang dimiliki kebanyakan orang Misal Microsoft Word, siapa yang sekarang tidak bisa mengoperasikan Microsoft Word? Setiap pekerjaan membutuhkan keterampilan ini. Karena itu, tidak perlu disertakan, dan pelamar juga akan mengerti bahwa Anda bisa.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Jakarta, 1 Agustus 2021
Yth. Bapak/Ibu HRD PT PT Lifepal Technologies Indonesia

Jalan Benda No. 92 RT5/RW4, RT.2/RW.4, Cilandak Timur, Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan, Jakarta 12560

kamu setia,

Berdasarkan informasi lowongan yang saya peroleh melalui LinkedIn, saya berencana untuk melamar posisi di perusahaan yang Anda pimpin sebagai telemarketing officer.

Saya yang bertandatangan:

Nama: Hartono

Tempat dan tanggal lahir : 2 Agustus 1991, Jakarta

Pendidikan terakhir: S1 manajemen

Alamat: Jalan Pengadegan Selatan, Pancoran, Jakarta Selatan

Nomor telepon: 081123444

Email: [email protected]

Dengan ini diusulkan untuk mengajukan lamaran pekerjaan untuk posisi ini. Saya baru saja lulus dari Sarjana Manajemen dari Universitas Indonesia. Saya memiliki kemampuan komunikasi yang baik, saya kreatif dan mampu bekerja dalam tim. Selama kuliah, saya juga aktif mengikuti berbagai organisasi dan kegiatan sukarela.

Baca juga : Funluck apk penghasil uang

Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan sebagai berikut:

  • Scan Ijazah terakhir yang telah dilegalisir
  • Pindai transkripnya
  • Pindai Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Scan surat keterangan sehat yang dikeluarkan oleh dokter
  • Memindai surat pengalaman kerja

Hormat Saya,

Hartono

Penutup

Biasakan membaca ulang surat lamaran kerja sebelum mencetak atau mengirimnya. Pastikan nama, alamat, atau informasi kontak sudah benar. Semoga informasi di atas bisa membatu.

You May Also Like

About the Author: blab-dev

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *