web log free Penjelasan Lengkap Mengenai Kabel UTP

Penjelasan Lengkap Mengenai Kabel UTP

Penjelasan Lengkap Mengenai Kabel

blab-devPenjelasan Lengkap Kabel UTP – Hallo sob, pada kesempatan kali ini mimin bakalan ngebahas tentang kabel UTP, apa sih kabel UTP itu, dan apa sih kegunaannya ? Yang biasanya mahasiswa banyak cari untuk bahan prakteknya bahkan kegiatan praktikum. Itu merupakan proses pembelajaran yang sangat membantu.

Mahasiswa dituntut untuk berlatih berdasarkan teori dan memiliki pemahaman yang lebih mendalam terhadap teori yang diperkenalkan oleh dosen. Hal ini menjadi syarat mutlak bagi perguruan tinggi kejuruan yang menekankan praktik dalam proses pembelajaran, yang biasanya di pakai pada setiap Univeritas yang ada di indonesia.

Selain mewajibkan mahasiswa melakukan magang, mahasiswa juga diwajibkan membuat laporan magang sebagai bukti keberhasilan magang mahasiswa dan pemahaman teori yang diajukan. Pada artikel kali ini akan dibahas tuntas apa itu kabel UTP dan apa saja kegunannya.

Penjelasan Kabel UTP

Kabel UTP adalah kabel yang dapat digunakan untuk membuat jaringan komputer, berupa kabel yang didalamnya terdapat 4 pasang kabel. Kabel twisted pair dibagi menjadi dua jenis: terlindung dan tidak terlindung. Perisai adalah kabel UTP dengan selubung, sedangkan non-perisai adalah jenis tanpa selubung. Untuk jenis sambungan kabel ini, gunakan konektor RJ-45 atau RJ-11.

Baca ini : Cara Aktivasi Windows 10 secara permanen

Kabel ini biasanya digunakan untuk menghubungkan satu komputer ke komputer lain melalui perangkat jaringan. Tidak hanya itu, kabel ini sering digunakan untuk menghubungkan dari komputer ke perangkat jaringan lain seperti router dan switch.

Kabel UTP biasanya digunakan pada LAN dan merupakan salah satu perangkat keras komputer yang digunakan untuk komunikasi atau transmisi data pada jaringan. Dalam fungsi ini, kabel UTP digunakan sebagai pembatas kecepatan komputer untuk menjelajah internet.

Karakteristik Kabel UTP

  • pelindung kabel.
  • Ada sepasang kabel untuk Rx (menerima informasi), terletak di pin 3 (RX+) dan 6 (RX-).
  • Panjang kabel maksimal 100 meter, jika menggunakan kabel lebih dari 100 meter membutuhkan repeater atau pengulangan.
  • Gunakan soket RJ-45 (Regstered jack).
  • Bandwidth maksimum adalah 100 Mbps.
  • Ada 2 pasang kabel yang tidak terpakai (tidak terhubung) yang dapat digunakan untuk menyalakan perangkat di ujung kabel UTP (Power over Ethernet).
  • Terdapat sepasang kabel untuk Tx (pemancar informasi), yaitu pada pin 1 (TX+) dan 2 (TX-).
  • Terdiri dari 4 pasang twisted pair.

Jenis Kabel UTP

Umumnya kabel UTP digunakan pada jaringan kecil atau biasa disebut dengan Local Area Network (LAN). Jaringan menghubungkan komputer ke komputer lain atau komputer ke perangkat jaringan. Untuk menggunakan kabel ini harus diterapkan aturan penataan yang sesuai dengan peruntukannya.

Kabel Straight-Through

Untuk kabel straight-through, memiliki susunan yang sama di kedua ujung konektornya. Dan biasanya d gunakan untuk menghbungkan dua peragkat berbeda dengan menggunakan jenis kabel langsung. Switch/hub antar router, komputer dengan switch, dan komputer dengan hub. Dan berikut adalah urutan untuk kabel Straght-through:

Kabel Roll-Over

Untuk kabel tipe Roll-Over, susunannya biasanya dipertukarkan antara salah satu ujung colokan dan ujung colokan lainnya. Kabel Roll-Over digunakan untuk menghubungkan dua perangkat jaringan berbeda yang hampir sama dengan kabel straight-through.

Namun, jenis kabel ini terutama digunakan untuk menghubungkan perangkat ke konsol. Contohna sakelar dengan printer dan sakelar dengan proyektor. Dan berikut adalah urutan untuk kabel roll-over:

Kabel Cross-Over

Untuk tipe kabel Cross-Over memiliki ujung kabel yang sama dan di gunakan untuk menghubungkan dua perangkat dengan jenis yang sama. Contohnya Komputer dengan komputer, router dengan router dan lain sebagainya. Dan berikut adalah urutan untuk kabel Cross-Over:

Fungsi Kabel UTP

Fungsi dari kabel UTP adalah untuk digunakan sebagai kabel untuk jaringan “LAN” jaringan area lokal pada jaringan komputer / sistem jaringan.Umumnya impedansi kabel UTP adalah sekitar 100 ohm, dan mereka juga dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan pada kemampuannya sebagai pembawa data.

Baca juga : 10 Rekomendasi HP Gaming Terbaik Harga 2 Jutaan

Kategori Kabel UTP

Pengelompokan kabel UTP lebih dikenal dengan CAT (category). Klasifikasi kabel ini berdasarkan pada kualitas transmisi data yang tersedia pada kabel. Ada 7 kabel UTP CAT seperti yang dijelaskan di bawah ini:

CAT 1

Ini adalah kabel UTP dengan kualitas transmisi terendah, dirancang untuk hanya mendukung komunikasi suara analog saja.

CAT 2

Lebih baik jika di bandingkan dengan kabe CAT1, kategori ini di buat agar dapat mendukung komusikasi suara dan data digital. Kabel ini bisa mengirimkan data hingga 4 Mbps.

CAT 3

Kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik daripada kabel UTP Kategori 2. Jenis atau kategori ini dirancang untuk mendukung komunikasi suara dan data dengan kecepatan hingga 10 Mbps.

CAT 4

Dibandingkan dengan kabel UTP Kategori 3 “Cat 3” atau sebelumnya, ini adalah kabel UTP dengan kualitas transmisi yang jauh lebih baik dan dirancang untuk mendukung komunikasi data dan suara hingga 16 Mbps.

CAT 5

Dibandingkan dengan kabel UTP Kategori 4 atau sebelumnya, ini adalah kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik, dirancang untuk mendukung komunikasi data dan komunikasi suara dengan kecepatan hingga 100 Mbps.

CAT 6

Ini adalah standar kabel UTP dengan sertifikasi resmi tertinggi. Dan dapatmengirimkan data dengan kecepatan 1Gbps.

CAT 7

Ini adalah jenis kabel canggih, yang sangat cocok untuk media lalu lintas tinggi untuk berbagai aplikasi dalam satu kabel. Pengiriman data maksimum hingga 10 Gbps dan frekuensi 1000 Mhz.

Nah itulahulasan yang dapat mimin berikan semoga dapat menabah wawasan dan jangan lupa baca artikel lainnya.

You May Also Like

About the Author: blab-dev

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *